Komentar

Testimoni Peserta Kelas Diskusi Hermeneutika Untuk Awam 4

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Fineke Aprini Umboh

Terima kasih banyak untuk tim SABDA yang dengan sukarela menyelenggarakan kelas dengan materi yang sangat menarik dan bagus. Kelas ini memberikan tuntunan bagaimana menggali firman Tuhan sehingga kita tidak sembarangan dalam menafsir Alkitab. Pertanyaan-pertanyan moderator telah memberikan tuntunan dan dorongan yang kuat bagi peserta untuk menggali Alkitab lebih lagi. Terima kasih untuk teman-teman di kelas HUA 4 yang saling mendukung, melengkapi, dan mencerahkan satu dengan yang lainnya membuat kelas begitu hidup bahkan kadang-kadang ada yang menjawab sampai lewat tengah malam. Kelas terasa begitu hidup. Menggali Alkitab dengan menggunakan metode-metode ini membuat kita mengerti betapa kayanya firman Tuhan. Semoga Roh Kudus terus mencerahkan kita dalam belajar Alkitab. Amin.

2. Fiky Sakul

Setelah seminggu mengikuti kegiatan diskusi di kelas HUA 4 ,beberapa hal yang dapat saya sampaikan sebagai testimoni saya:
1. Saya belajar bahwa menafsirkan Alkitab bukan hal yang mudah. Saat saya ikut pembukaan kelas, saya sempat berpikir apakah saya mampu untuk mengikuti kelas ini. Namun setelah membaca modul juga membaca tanggapan dari teman teman, saya menjadi bersemangat untuk melanjutkan diskusi sekalipun sering kali baru bisa ikut di malam hari. Setelah saya belajar selama seminggu ini, saya yakin bahwa sekalipun menafsirkan Alkitab memang bukan hal yang mudah, tetapi saya punya Tuhan yang merupakan Inspirator Utama Alkitab yang akan menolong saya saat menafsirkan Alkitab dengan cara yang benar. Ini yang menjadi penyemangat untuk saya.
2. Bisa ada dalam grup diskusi dengan sesama orang awam yang mau belajar membuat saya bersemangat untuk mengikuti kelas ini. Menjadikan kelas kali ini menjadi pengalaman yang luar biasa.
3. Bisa mendapat referensi buku-buku panduan untuk menafsirkan Alkitab juga cara serta alat untuk menafsirkan Alkitab adalah tambahan bahan untuk memperlengkapi diri dalam memperdalam firman Tuhan.
4. Saya mau berterima kasih untuk admin grup, Ibu May juga moderator, Ibu Evie yang sudah membantu serta mengingatkan saya selama kelas diskusi berlangsung. Saya sangat terbantu dengan apa yang sudah dilakukan. Mohon maaf jika ada kekeliruan atau salah ucap dan salah tulis dari saya selama kelas ini berlangsung. Tuhan pasti memberkati YLSA dalam pelayanannya.

3. Gabrella Trang Mayani Harianja

Puji Tuhan sekali saya bisa ada lagi di kelas yang diselenggarakan oleh SABDA, bahkan ada di tengah-tengah kelas HUA. Tentu bagi saya ini adalah kesempatan yang sangat baik dan bisa belajar hal yang baru lagi yang tidak dapat saya temui di sekolah. Teruntuk teman diskusi saya, terima kasih banyak sudah sangat membantu saya dengan pendapat-pendapat teman-teman semua.

Komitmen saya setelah mempelajari HUA ini: saya mau lebih haus lagi untuk membaca dan menafsirkan firman Tuhan dengan teliti, hati-hati dan tidak sembarangan menafsirkan firman Tuhan. Terima banyak untuk seluruh tim SABDA. Jesus bless.

4. Iwan Setiawan

Puji Tuhan saya bisa bergabung dengan HUA. Bagi saya, ini banyak menambah pengetahuan saya tentang firman terutama dari hal menafsirkan tentang kebenaran firman Tuhan, yang memberikan pengertian bagi saya untuk mempersiapkan diri terjun dalam pelayanan.
Dengan mengikuti HUA ini, saya juga mendapat wawasan dalam alat bantu untuk menafsir yang didapat dari SABDA. Itu banyak sekali membantu. Saya berdoa kiranya tim SABDA terus maju dan menjadi berkat dalam pelayanan Tuhan. God bless.

5. Maria Marpaung

Mengikuti kelas Hermeneutika Untuk Awam (HUA), ini kelas terberat yang pernah saya ikuti. Namun puji Tuhan, walau tidak bisa/tidak berani menanggapi jawaban teman-teman karena memang ini baru buat saya. Paling sulit di Akrostik, pertanyaan 8. Perlu banyak referensi untuk bisa menjawab pertanyaan di samping modul yang disediakan. Buat saya 5 hari tidak cukup, dan akan terus belajar lagi. Semoga Tuhan mampukan untuk mempelajari lebih jauh lagi tentang Hermeneutika.

Terima kasih untuk tim SABDA yang sudah membantu saya mengerti Hermeneutika ini. Juga teman-teman yang sangat membantu saya, terutama moderator yang bersedia saya japri untuk menjawab pertanyaan saya. Semoga saya bisa mempraktikan apa yang saya dapatkan dalam kelas ini, terutama apa yang menjadi latar belakang ayat yang akan dibahas (PA). Ini sangat bermanfaat bagi saya yang seorang GSM, membagikan Kabar Baik yang lebih berisi kepada adik-adik yang selama ini hanya menyediakan makanan cepat saji. Saya jadi bisa mengajak anak-anak untuk memasak bersama (pinjam istilah Kak Evie). Sekali lagi terima kasih semua. Tuhan Yesus memberkati.

6. Mariano Nathanael

Saya sangat senang berdiskusi selama satu minggu ini dengan teman-teman di kelas HUA 4. Mengapa? Karena kami saling melengkapi satu sama lain, kami saling mencerahkan satu sama lain, kami saling memberi semangat satu sama lain, sehingga kami semakin tertarik untuk menggali firman Tuhan itu, apalagi dituntun dengan pertanyaan-pertanyaan yang menantang dari moderator, pertanyaan-pertanyaan yang membuat kita ingin mendalami lebih jauh lagi. Saya sangat senang. Setiap hari sangat seru bagi saya dan saya sangat menanti-nantikan respons teman-teman, dan itu sangat luar biasa. Setiap hari sebenarnya berkesan, tetapi yang paling berkesan bagi saya adalah ketika kita membahas tentang kiasan dan tentang puisi, di situ ada banyak hal yang baru, di situ saya menggali, mencoba mencari ayat-ayat selain daripada ayat-ayat yang diberikan oleh teman-teman atau diberikan oleh modul SABDA.

Terima kasih untuk kelas ini. Meskipun hanya sebentar, tidak sampai 1 minggu, tetapi saya mendapatkan banyak motivasi untuk kembali menggali firman Tuhan, menemukan kebenaran kebenaran ilahi, untuk tidak sembarangan menafsirkan Alkitab, tetapi sungguh-sungguh bergantung kepada iluminasi Roh Kudus dan melatih ketekunan untuk menggali firman dan menemukan kebenaran-kebenaran ilahi di dalamnya, untuk menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari, karena firman Tuhan itu mengubahkan hidup kita.

Terima kasih kepada SABDA MLC yang sudah memfasilitasi kelas yang luar biasa ini. Saya berharap ke depannya, kelas seperti ini terus diadakan, kalau bisa ada lanjutannya. Sungguh kelas ini memberkati saya dan saya percaya teman-teman sekalian juga sungguh diberkati melalui kelas ini. Amin.

7. Mudjiarti

Oleh kasih dan kemurahan Tuhan Yesus, saya dapat mengikuti kelas HUA yang difasilitasi SABDA MLC.
Pelajaran:
Pelajaran HUA dengan konsep tersusun sistematis dan materi yang bagus saya bisa belajar untuk memahami dan mengerti, walau saya harus baca berulang-ulang.

Berkat:
Puji Tuhan! Melalui kelas HUA 4, saya banyak menerima berkat lewat presentasi Ibu Yulia, pertanyaan dari moderator, dan diskusi di kelas HUA 4 yang saling melengkapi hingga saya bisa memahami dan mengerti. Walaupun saya belum paham betul, saya merasa senang. Yang menarik bagi saya, saat membahas materi dari Kata-Kata Kiasan dan Gaya Bahasa.

Aplikasi :
Saya merasa sukacita mendapat materi pelajaran HUA dan bagi saya sangat menarik. Untuk itu, saya akan berusaha mengulang  mempelajari kembali agar lebih mengerti menafsirkan ayat firman Tuhan. Dengan harapan, saya dapat menjadi berkat bagi sesama.
Terima kasih kepada tim SABDA sudah melayani sepenuh hati dan juga teman-teman kelas HUA 4 yang sudah saling melengkapi dan mendukung. Tuhan memberkati.

8. Nehemia Meirardfeldin Krisprianugraha

Ini adalah kali pertama saya mengikuti kelas MLC dan memang saya sengaja ikut kelas HUA ini karena saya merasa butuh sekali hal ini. Senang bisa belajar sekaligus mendapat pengalaman baru. Bersyukur bisa berdiskusi, sharing, dan saling merespons satu dengan yang lainnya. Terberkati juga dengan sharing/pendapat dari teman teman. Terima kasih juga untuk Bu Evie sangat menolong dalam jalannya diskusi, memberikan semangat dan dorongan, juga untuk Admin kelas, Ibu May juga sabar dalam mengingatkan peserta. Pokoknya lengkap dan senang banget bisa join kelas HUA ini.

Aplikasi praktis, pastinya terus mengembangkan "ilmu" ini, sudah diberikan dasar-dasar (cukup mendalam juga) di dalam kelas, jadi tinggal dikembangkan dan terus dipraktikkan dalam pelayanan.Terima kasih SABDA. GBU.

9. Nehemia Ryan Wijaya

Saya bersyukur dapat mengikuti kelas Hermeneutika Untuk Awam yang diselenggarakan oleh SABDA - MLC hingga selesai. Dari beberapa kali dan kelas yang saya ikuti, saya merasa materi kelas ini adalah materi yang cukup berat. Puji Tuhan, melalui pelajaran Hermeneutika ini, saya mengetahui cara-cara menafsirkan Alkitab yang baik, benar, dan bertanggung jawab. Hasil yang saya bisa dapatkan dari setiap materi yang disajikan juga tidak sedikit. Kiranya apa yang saya pelajari ini sungguh dapat berguna dan membantu saya di dalam pelayanan. Selain berkat dari materi yang saya terima, hal yang mengesankan adalah dapat berdiskusi dengan teman-teman dari berbagai daerah dan mendapatkan banyak masukan juga dari mereka.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim SABDA - MLC yang sudah menyiapkan dan menyajikan bahan yang berkualitas ini. Kiranya bahan ini membantu dan memberkati setiap orang yang ingin mempelajari Hermeneutika. Demikian testimoni yang saya tulis, segala pujian dan hormat dikembalikan kepada Bapa di surga.

10. November Laia

Puji syukur kepada Tuhan Yesus dan terima kasih kepada Lembaga SABDA yang telah memberikan kesempatan ikut belajar dan dengan berusaha menyiapkan materi Hermeneutika Untuk Awam. Jujur saya baru pertama mengikuti kelas belajar secara online. Kesan saya dalam belajar HUA:
1. Materinya sangat bagus sekali, jelas, dan mudah dipahami serta dapat memperlengkapi hamba-hamba Tuhan mempersiapkan diri dalam pelayanan pemberitaan firman Tuhan (terutama kaum awam).
2. Suasana kelas sangat hidup sekali, rekan-rekan begitu aktif dan antusias mengikuti setiap pembelajaran dan diskusi yang diberikan. Baik pertanyaan dari moderator maupun menanggapi pandangan-pandangan dari sesama peserta. Keren.
3. Moderator serta admin juga begitu aktif menggali bahkan mengingatkan semua rekan-rekan untuk lebih aktif memberikan pandangan terhadap materi yang sedang dibahas. Good job.

Kelas ini sangat berkesan buat saya. Hal yang praktis yang bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari bahwa jika hanya pandai menafsirkan Alkitab tanpa penerapan/aplikasi, tidak ada bedanya, kita hanya sedang membaca buku cerita. Terima kasih. Tuhan Yesus senantiasa memberkati lembaga SABDA dan tim pelayanannya.

11. Rossa M.M. Latumahina

Bersyukur kepada Tuhan untuk kesempatan belajar bersama SABDA di kelas online kali ini. HUA adalah kelas online ke-5 saya bersama SABDA. Berharap kita sama-sama tidak bosan karena keseringan bertemu. Senang karena kembali diberikan beberapa saudara baru dan dapat berjumpa lagi dengan saudara lain (yang  berasal dari kelas online yang lalu).

Sebagai seorang yang awam, kelas ini sangat menolong saya untuk dapat menafsir firman dengan hati-hati dan benar. Hal yang sangat berkesan saat kelas berlangsung adalah melakukan praktik di kelas. Hasil praktik dan tanggapan yang ada sangat memberkati dan saling melengkapi.

Aplikasi praktis yang akan saya lakukan setelah kelas ini adalah kembali menyiapkan waktu untuk mempelajari materi HUA,  
menyiapkan waktu khusus untuk menafsir bagian firman menggunakan materi dan alat bantu yang telah saya dapat di kelas HUA, dan setia melakukan pesan yang saya dapat dari hasil tafsiran itu (kiranya Roh Kudus menolong).

12. Rachel Elizabeth Hosanna

Sepertinya momen paling susah untuk ikut acara SABDA ya HUA ini. Ada banyak sekali aktivitas yang harus saya lakukan sampai kesulitan menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas tertulisnya. Puji Tuhan, lagi dan lagi ditolong oleh Kak May. Kak May mengingatkan dan menyemangati saya agar terus setia sampai akhir.

Memang kesibukan kalau diikuti tidak ada habisnya. Saya sangat bersyukur akhirnya bisa menyelesaikan kelas HUA ini sampai selesai. Meski jauh dari sempurna, saya makin tahu dan paham tentang menafsirkan Alkitab. Tidak hanya cara menafsirkannya, tetapi juga bahaya bila tidak menafsirkan dengan benar dan tidak melakukan firman yang sudah ditafsirkan.

Terima kasih kepada tim SABDA yang sudah menyusun materi dan mengadakan kelas seperti ini. Terima kasih juga pada seluruh teman-teman kelas HUA 4 karena dari sharing dan diskusi teman-teman saya diperkaya. Tuhan berkati kita semua. Sampai jumpa di kelas-kelas selanjutnya!

13. Rialdi Pasaribu

Sungguh bersyukur karena diskusi kelas Hermeneutika Untuk Awam sudah selesai. Banyak pelajaran yang bisa diperoleh dari kelas ini, salah satu yang paling berkesan bagi saya: mengenai tujuan akhir menafsirkan firman Tuhan adalah untuk melakukannya dan mengajarkannya kepada orang lain. Saya rindu untuk terus diperlengkapi dengan kelas seperti ini agar saya makin didorong untuk taat dan hati-hati dalam melakukan firman Tuhan.

Terima kasih untuk semua teman-teman dan juga moderator serta admin yang melayani. Tuhan menyertai kita semua dengan sukacita, damai sejahtera, dan kasih Allah. Haleluya.

14. Robert Kurniawan

Bersyukur dapat mengikuti kelas HUA, belajar cara menafsir Alkitab dengan benar sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan supaya beroleh pertumbuhan rohani. Terima kasih moderator dan juga admin. Terima kasih SABDA. Tuhan Yesus memberkati.

15. Simon Salasa

Puji Tuhan. Oleh anugerah Tuhan, saya boleh mengikuti kelas ini di tengah-tengah kesibukan. Pengalaman dalam kelas ini, saya dapat belajar kembali prinsip-prinsip menafsir Alkitab dengan benar dan juga boleh berinteraksi dengan teman-teman kelas yang dapat menguatkan dan saling memotivasi.

Aplikasi praktis bagi saya adalah dengan belajar HUA akan lebih komitmen belajar dan menerapkan dalam hidup yang Tuhan berikan.
Terima kasih kepada admin, moderator, dan semua tim SABDA yang Tuhan pakai secara luar biasa dalam pelayanan ini. Doa kami SABDA terus menjadi berkat bagi banyak orang. Terima kasih Tuhan berkati.

16. Sry Artha Manullang

Bersyukur bisa ikut kelas Hermeneutika. Banyak sekali materi/referensi yang diberikan. Dan itu semua sangat menarik untuk dibaca dan sekali lagi dibaca berulang-ulang. Pemahaman saya makin bertambah. Alkitab dalam sekali, luas sekali, unik sekali, berharga sekali, luar biasa. Banyak sekali kekayaan di dalamnya yang perlu lagi digali dengan menggunakan konsep Hermeneutika yang benar.  Kelas Hermeneutika ini mengajarkan saya untuk berhati-hati mengambil satu ayat dengan melihat konteks.

Saya sangat senang bisa ikut kelas ini, sekalipun saya hampir mundur karena perbedaan jam dan manajemen waktu yang tidak baik. Namun, saya bersyukur bisa mengikutinya dan bergabung bersama Bapak/Ibu dan teman-teman yang semangatnya begitu berapi-api. Terima kasih tim SABDA untuk segala bentuk pelayanannya. Tuhan Yesus memberkati!

17. Suratman Aripin

Saya bersyukur melalui kelas yang diadakan kali ini. Bahan yang diberikan sangat penting dalam kehidupan saya sebagai pengikut Kristus, secara khusus bagaimana agar Alkitab yang sudah disediakan bagi saya dapat dinikmati dan dimengerti dengan tepat dan benar. Saya sungguh bersyukur karena melalui kelas ini semakin mengagumi betapa kayanya firman Tuhan. Ada banyak hal yang indah yang sudah Tuhan sediakan bagi saya. Bersyukur tim SABDA mengajarkan dan mengarahkan dalam menggunakan peralatan yang ada untuk menggali dan menemukan "harta karun" itu. Sekarang waktunya bagi saya untuk melatih diri dan membiasakan diri mempraktikkan pelajaran yang sudah saya terima. Sekali lagi, terima kasih tim SABDA dan juga rekan-rekan di grup 4 melalui masukan-masukan yang diberikan, saya dapat belajar dari rekan-rekan.

18. Sutrisno Adi Chandra

Shalom, perkenalkan nama saya Sutrisno Adi Chandra, Batam, Gereja Pantekosta Pusat Surabaya Blessing - Batam. Saya Kristen sejak lahir tetapi ya KTP saja. Sampai saat tahun 2005/2006, saya bertemu secara pribadi dengan Tuhan melalui sesi ibadah "SPK" (Saya Pengikut Kristus). Saya tetap masih berjuang mencari jati diri dalam kekristenan saya, belajar Alkitab melalui media apa adanya, renungan harian, dengar khotbah di pertemuan-pertemuan ibadah dengan jadwal yang ala kadarnya.

Pengalaman menjadi pengikut Kristus yang paling dekat adalah isi Alkitab yang disampaikan oleh "fungsi pengkhotbah" tidak membuat saya menemukan kebenaran Kristus. Sampai saya menemukan website SABDA untuk menjadikannya referensi makanan rohani saya dan media pembanding untuk mengerti firman Tuhan. Saya selalu menemukan wow moment.

Grup Hermeneutika ini membawa saya kepada pengalaman baru lagi tentang kebenaran Kristus. Saya menangis bahagia ketika melakukan pembelajaran dari modul-modul yang sudah disediakan oleh tim SABDA. Yaaa .... Paling tidak roh saya tidak lagi makan dari "makanan sisa". Saya bisa menyajikan makanan untuk roh saya sesuai standar racikan-racikan yang mana racikan tersebut hanya bisa didapat kalau kuliah di universitas teologi.

Hermeneutika membawa saya untuk rindu terus membaca Alkitab, dari yang tadinya hanya buka Alkitab saat pertemuan ibadah gereja saja, sekarang durasinya hampir seperti minum obat yang disarankan dokter penyakit dalam. Pada akhirnya Hermeneutika membuat saya jatuh cinta lagi pada Tuhan semesta alam, Sang Pencipta langit dan bumi serta segala isinya dan memberi pengertian agar tidak terjebak dalam pengetahuan tanpa melakukan penerapan di kehidupan sehari-hari. Sukses terus buat pelayanan SABDA, menjadi berkat di dunia digital dan fisik. Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai tim SABDA sekalian.

19. Suyati

Suatu berkat dan anugerah yang luar biasa dapat mengikuti kelas HUA ini. Bagi saya, ini adalah pengalaman yang sangat berharga di mana saya dapat mempelajari tentang bagaimana cara menafsir Alkitab dengan baik dan benar dan bukan itu saja juga ada langkah-langkah yang saya bisa aplikasikan dalam kehidupan saya. Terima kasih Tuhan Yesus. Terima kasih moderator dan juga tim admin. Terima kasih rekan-rekan semua untuk kebersamaan dan sharing-nya dan terima kasih buat SABDA.

20. Yustianing

Puji syukur dapat mengikuti kelas HUA ini sampai selesai. Karena sempat di hari ke-4 mau mengundurkan diri karena banyaknya kesibukan saya. Puji Tuhan ada Kak May selaku admin kelas HUA 4 yang mengingatkan dan men-support dan Kak Evi yang selalu memberi dukungan sebagai moderator.

Mengikuti kelas HUA ini menambah pengetahuan untuk menafsir Alkitab dengan baik dan bertanggung jawab karena banyak pengetahuan yang diberikan oleh tim MLC dalam kelas HUA ini. Sempat kebingungan bagaimana mendapatkan sumber-sumbernya. Puji Tuhan ada admin yang memberikan pengarahan.

Terima kasih buat seluruh tim SABDA - MLC yang sudah menyajikan materi dan bahan penuntun bagi kaum awam untuk lebih mudah menafsir dan memahami isi Alkitab. Tuhan Yesus memberkati.