Testimoni Peserta Kelas Bedah Kitab Rut 4

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

1. Athur Rizqi Januar

1. Kesimpulan inti singkat Kitab Rut: Rut merupakan pribadi yang dipilih Tuhan untuk menggenapi rencana-Nya.
2. Pelajaran yang paling berkesan: Penebusan Tuhan terjadi di kitab Rut dan inilah keselamatan yang terjadi di Perjanjian Lama.
3. Berkat dari berdiskusi bersama di kelas: Banyak pencerahan dari penggalian-penggalian yang teman-teman di kelas lakukan.

2. Dwi Prasetyo Rahardjo

Kitab Rut yang diawali dengan kisah pilu keluarga Elimelekh yang harus mengungsi ke Moab, kematian Elimelekh dan kedua putranya di Moab ternyata diakhiri dengan kisah yang manis tentang pernikahan Rut dan Boas dengan kelahiran buah hatinya, yaitu Obed.

Walaupun diawali dengan kisah pilu, Kitab Rut menceritakan tentang kehidupan Rut yang penuh dengan kasih dan ketaatan serta buah yang dihasilkan oleh kasih dan ketaatannya itu. Kitab Rut juga mengajarkan bahwa Allah yang setia, selalu memperhatikan dan memelihara kehidupan anak-anak-Nya. Allah sejak dahulu telah merencanakan keselamatan kepada bangsa kafir (bangsa di luar Israel) dan rencana keselamatan itu tidak bisa dihalangi oleh siapa pun dan apa pun. Rut menjadi bagian yang dipakai oleh Allah dalam menggenapi rancangan-Nya.

Berkat/pelajaran yang saya dapatkan dari Bedah Kitab Rut ini:
- Dari proses diskusi: semua peserta bisa aktif dalam penggalian per pasal dan saling melengkapi sehingga pemahaman saya terhadap isi Kitab Rut menjadi utuh/lengkap.
- Dari belajar Kitab Rut: Allah adalah Allah yang berdaulat dan rencana keselamatan Allah bisa melalui siapa saja, termasuk bangsa 'kafir' sekalipun. Rencana Allah adalah rencana yang sempurna yang tidak bisa digagalkan oleh apapun dan siapapun.

3. Eddy Yonathan

Puji syukur kepada Tuhan kita Yesus Kristus karena saya dapat mengikuti kelas kitab Rut ini sampai selesainya. Pelajaran yang saya dapatkan dari kitab Rut adalah tentang bermula dari kesetiaan dan ketaatan Rut yang akhirnya menghasilkan hidup yang lebih baik dan pada akhirnya Rut termasuk dalam silsilah Tuhan Yesus. Dari kisah ini saya dapatkan bahwa Tuhan bisa pakai siapa saja untuk melaksanakan rencana dan kehendak-Nya. Seperti Rut yang semula hanya disebut perempuan Moab tetapi Tuhan bisa pakai. Biarlah saya manusia yang penuh kekurangan Tuhan pakai juga sesuai rencana dan kehendak-Nya.

Saya ucapkan terima kasih tim SABDA yang sudah mengadakan kegiatan ini. Kiranya Tuhan terus memakai tim SABDA semakin menjadi berkat bagi orang banyak. Terima kasih juga kepada teman-teman grup 4 di mana saya dapat berkat pengetahuan yang lebih lagi dari diskusi-diskusi. Teman-teman semuanya adalah pribadi-pribadi yang dipakai dengan luar biasa. Akhirnya terima kasih untuk Bu Pingkan yang setia mengingatkan. Tuhan Yesus memberkati

4. Fentje Buol

Kitab Rut mengajarkan kepada saya secara pirbadi melihat rencana Allah yang besar dan komplit bagi umat-Nya. Dalam kitab ini saya diajarkan tentang pahitnya kehidupan yang dijalani oleh Naomi dan Rut berujung kepada rencana Allah yang sempurna. Kuncinya adalah KETAATAN dan KESETIAAN Naomi dan Rut. Kitab ini juga mengajarkan tentang "kerjasama" yang sangat indah antara kedua pribadi Naomi (sebagai mertua) dan Rut (sebagai menantu). Kerjasama antara mertua dan menantu ini menjadi pelajaran penting bagi kita yang hidup di masa ini yang pada kenyataannya banyak terjadi gangguan relasi antara mertua dan menantu. Naomi memainkan perannya yang sempurna dan Rut menunjukkan dedikasinya yang tulus kepada mertuanya.

Pelajaran yang paling berkesan bagi saya adalah: rancangan khusus Allah bagi "penebusan" yang gambarkan melalui tindakan Boas menebus tanah milik Elimelekh yang di dalamnya terdapat Naomi dan Rut. Gambaran ini membawa kita kepada sebuah karya penebusan yang sempurna dan agung melalui karya Kristus di Kalvari. Sungguh sempurna.

Sangat banyak berkat yang saya dapatkan dari diskusi kami di kelompok 4, sekali pun saya hampir-hampir "tidak aktif" dalam diskusi penyebabnya karena gangguan jaringan internet di Kota Jayapura-Papua tempat kami tinggal sejak tanggal 30 April 2021. Tetapi hal tersebut tidak mengurangi semangat dan sukacita saya dalam mengikuti setiap diskusi yang ada. Saya sangat diperkaya melalui diskusi kelompok 4, ditambah dengan moderator/fasilitator kami di kelompok 4 yang sangat aktif dan sangat menolong kami setiap peserta yang ada. Tuhan memberkati kita semua.

5. Fineke Aprini Umboh

Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk semua teman-teman yang ada BKR 4. Terima kasih untuk kesediaan teman-teman saling berdiskusi, saling melengkapi dan saling memperkaya satu dengan yang lainnya sehingga kita saling di bangun satu dengan yang lainnya.

Kitab Rut memang hanya 4 pasal, tetapi menyimpan makna dan kekayaan yang luar biasa, yang begitu mengagumkan. Beberapa hal yang kelihatan kebetulan terjadi, yang ditulis di kitab ini ternyata merupakan sebuah rangkaian yang sudah diatur oleh Tuhan dan tersusun rapi sedemikian rupa, untuk mewujudkan rencana penebusan Kristus terhadap umat-Nya. Allah melibatkan Rut seorang perempuan asing dalam sejarah penebusan umat manusia, hal ini menunjukkan kemurahan hati-Nya dan kedaulatan-Nya. Melalui hal ini juga Allah hendak menyatakan bahwa keselamatan bukan hanya bagi orang Israel tetapi juga bagi bagi orang-orang yang dianggap kafir. Boas menunjukkan kasih tanpa syarat ketika menebus Rut perempuan Moab. Hal ini menunjukkan sebuah gambaran akan Yesus yang menebus umat-Nya tanpa syarat. Terima kasih untuk moderator Mas Bima, juga untuk Tim SABDA yang sudah memfasilitasi kegiatan ini untuk memperlengkapi umat Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

6. Johannes Samuel

Kitab Rut, merupakan kitab yang cukup menarik untuk dibahas, walaupun hanya 4 pasal namun kaya akan makna. Kompleks masalah dan berkat ada di dalamnya. Dimulai dari persoalan keluarga, hukum adat, kesetiaan, kawin campur, tanggungjawab serta yg lainnya, namun yang terpenting adalah berbicara mengenai penebusan sebagai role model dalam penebusan Kristus akan umat-Nya. Karena Rut juga menjadi bagian dalam sejarah penebusan Kristus. Rangkaian rencana Allah begitu hebat dan menembus batas waktu, semuanya tersusun rapi, hal yang tidak mungkin, Allah jadikan mungkin, hal yang mungkin tabu bagi hukum adat saat itu, namun Hukum Allah lebih berkuasa sebagi bukti bahwa Allah pun mengasihi orang diluar bangsa Israel. Rut yang adalah seorang Moab bisa menjadi bagian dalam Sejarah Penebusan Kristus, ini suatu hal yg luar biasa. Dan melalui Boas pun saya melihat ketulusan hati dan kebijaksanaannya dalam mengambil berbagai keputusan. Naomi juga sebagai mertua pun memberi berbagai inspiratif bagi Rut. Rangkaian rencana Allah dibarengi dengan tindakan seseorang yang benar akan sejalan dan membawa sejahtera bukan hanya bagi diri kita tetapi orang di sekitar.

Diskusi bedah kitab Rut ini sangat baik berjalan. Kelompok 4 mampu memberi masukan satu sama yang lain dan mengoreksi, tanpa pandang gender bahkan umur. Semua terlibat. Yang sangat kesulitan jaringan pun tetap berusaha untuk tetap terlibat. Hal-hal demikian membuat saya berkesan, ini juga menunjukkan betapa berartinya persekutuan yang saling membangun dan memahami. Terima kasih Bapak Ibu semuanya, sungguh diberkati dalam banyak pemikiran dan perenungan yg dituangkan dalam grup ini.

7. Mangatur Sirait

Belajar di kelas “Bedah Kitab Rut” memberikan berkat dan mamfaat yang besar bagi saya. Mulai dengan harus membaca 4 Pasal dari Kitab Rut sebelum kelas dimulai. Setiap hari harus memberikan penggalian satu pasal dan menanggapi penggalian dari peserta lain. Diskusi berkembang saling melengkapi dan tentunya dapat menambah wawasan dari sudut pandang yang berbeda dan malah memberikan penjelasan yang lebih dalam dan detail dari suatu "frasa penting yang dipilih" dari setiap pasal yang digali.

Kitab Rut mengisahkan beberapa tokoh penting, Naomi, Rut dan Boas. Menceritakan kehidupan Naomi yang mengalami kemalangan-kemalangan yaitu dimulai dengan kelaparan di tanah Israel sehingga Elimelekh, suami Naomi memutuskan mereka sekeluarga Naomi, Mahlon dan Kilyon pergi ke tanah Moab. Bangsa Moab dikenal sebagai bangsa kafir yang tidak mengenal Tuhan.
Dikisahkan selanjutnya di tanah Moab Naomi kehilangan Elimelekh suaminya dan kedua anaknya. Naomi pulang kembali ke kampungnya bersama menantunya Rut. Rut seorang yang baik, setia kepada mertuanya Naomi. Naomi merancang Rut dapat ditebus oleh Boas yang merupakan seorang yang kaya dan salah satu kerabat yang bisa menjadi penebus bagi Rut. KIsah Rut ini diakhiri dengan "happy ending". Boas menebus Rut dan memiliki keturunan sehingga dapat mengangkat kembali keturunan dari Elimelekh. Kisah Rut mengisahkan perjuangan seorang janda, Naomi dan Rut. Mengisahkan perjuangan seorang mertua dan Mmenantu yang saling percaya dan tulus saling mengasihi. Kisah Rut menceritakan pengharapan Naomi dan Rut yang setia kepada Tuhan. Kisah Rut menceritakan penebusan Boas terhadap Rut. Boas seorang yang berintegritas, seorang yang kaya dan baik hati membantu Naomi dan Rut terangkat harkat dan martabatnya. Sungguh besar kuasa Tuhan dalam kisah di dalam Kitab Rut ini.

Belajar bersama dengan peserta lain dari segala tempat yang difasilitasi oleh Tim MLC SABDA dalam kelas “Bedah Kitab Rut” memberikan kesempatan menggali lebih dalam suatu Kitab di Alkitab. Terima kasih untuk Admin, Moderator dan seluruh tim MLC SADDA yang telah membuka kelas “Bedah Kitab Rut”. Kiranya Tuhan Yesus senantiasa memberkati seluruh tim MLC SABDA.
Kiranya MLC SABDA dapat berkembang lebih luas lagi dengan membuka kelas-kelas lain dan memberikan berkat lebih luas lagi. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

8. Maria Marpaung

Kitab ini kali pertama saya membacanya dengan penuh ketelitian, biasanya berkali-kali baca hanya seperti baca novel saja atau penggalan untuk dibagikan kepada adik-adik Sekolah Minggu. Kisah Rut ternyata lebih menarik dari yang saya kira, dimulai dengan harapan besar keluarga Elimelekh membawa keluarganya keluar dari Israel untuk kehidupan yang lebih baik, menghindari bencana. Tapi jumpa kemalangan bagi keluarga itu terutama seorang Naomi yang harus kehilangan suami dan anak-anak dalam waktu berdekatan. Saya sendiri sebagai manusia biasa, entah bagaimana keadaan saya. Tapi Naomi tetap tegar, dan mulai dari awal lagi bersama Rut. Rut seorang perempuan Moab yang bersahaja buat saya. Dia bisa memilah mana yang terbaik, rendah hati, penurut, rajin. Saya membayangkan wanita dalam Amsal 31 ketika membayangkan Rut. Juga Boas laki laki matang yang penuh tanggung jawab, penolong yang penuh ketulusan. Dua insan yang disatukan untuk rencana besar Tuhan.

Banyak pelajaran yang saya ambil dari Kitab Rut, bahwa tidak ada rancangan buruk yang Tuhan siapkan untuk kita, tidak pernah ada, yang menentukan hasil akhir dari rancangan yang Tuhan berikan kepada kita adalah respon kita terhadap rancangan itu. Seperti Naomi, Rut, Boas merespon positif setiap kejadian yang terjadi dalam kehidupan mereka sehingga berakhir manis. Maria pun harus belajar seperti itu. Walaupun kadang berawal pahit, tapi pasti ada hal manis yang Tuhan siapkan untuk hambaNya yang setia.

Maria sangat bersyukur bisa bergabung dalam Bedah Kitab Rut ini, bisa berdiskusi dengan orang-orang yang dalam ilmunya️. Bisa mengetahui banyak hal dari yang sebelumnya Maria tidak sampai ke situ pengetahuannya. Teman-teman dan moderator yang sangat membantu Maria dalam diskusi ini, terima kasih semua. Tuhan Yesus memberkati.

9. Mariano Nathanael

Sangat luar biasa. Itu kesan saya sejak mengikuti kelas BKR 4 dari MLC SABDA ini. Kitab Rut mengandung kekayaan Firman Tuhan yang sangat luas dan dalam meskipun hanya terdiri dari 4 pasal. Kisah bagaimana orang kafir bisa diterima ke dalam lingkungan umat perjanjian, kisah penebusan Boas pada Rut yang merupakan gambaran penebusan Kristus terhadap umat-Nya, kedaulatan Allah dan rencana-Nya yang luar biasa dalam setiap kejadian dalam kehidupan Naomi-Rut-Boas yang dapat membawa masuk Kristus ke dunia ini, karakter-karakter Kristus yang indah dan mulia yang dinyatakan oleh Naomi-Rut-Boas, dan setiap kata sederhana dalam kitab Rut yang ternyata memiliki arti yang sangat dalam ketika mulai digali, itu semua membuat saya mengatakan kitab Rut ini sangat luar biasa.

Dan juga kelas BKR 4 sangat luar biasa, sanggup saling memberi penggalian Firman yang mendalam, saling berdiskusi, saling bertanya untuk membuat kita semakin merenungkan dan mendalami Firman, saling memberikan dan menambahkan informasi dari berbagai sumber tafsiran Alkitab. Terima kasih untuk semua rekan-rekan di dalam kelas BKR-4, terlebih lagi kepada Admin dan Moderator BKR 4 yang tidak bosan-bosannya mengingatkan dan menyemangati kami, dan juga terima kasih untuk MLC SABDA yang telah memunculkan program kelas BKR ini. Kiranya kelas-kelas semacam ini terus berlanjut, dan bukan hanya untuk kitab Rut saja, tetapi kitab-kitab yang lainnya, supaya perkataan Kristus benar-benar bisa diam di antara kita dengan segala kekayaannya yang luar biasa. Berkat yang paling berkesan selama mengikuti kelas diskusi adalah ketika membahas dan menggali karakter Kristus yang dinyatakan dan diekspresikan oleh Rut dan Boas yang sangat mulia, yang tersebar dari pasal 1-4, juga ketika melihat kedaulatan Allah yang luar biasa dalam 2 kali kata KEBETULAN yang ada dalam kitab Rut, sungguh sangat memberkati saya. Tuhan Yesus memberkati kita sekalian.

10. Marita Cut Nya Dien

Banyak pembelajaran yang saya dapat melalui sharing Kitab RUT dalam kelompok 4 ini. Saya orang awam, dan dengan ikut kelas ini saya semakin banyak belajar. Ini semakin membuat saya semakin semangat untuk ikut kelas-kelas yang lain lagi. Hal yang saya dapat dalam Kitab Rut ini antara lain tentang seorang mertua yang memikirkan masa depan menantunya, tentang seorang menantu yang sangat mengasihi dan taat pada mertuanya, dan seorang pria yang memiliki integritas yang luar biasa.

Pembelajaran yang saya dapat: Rancangan Tuhan sangat luar biasa bagi setiap orang yang percaya kepada-NYA khususnya buat Rut yang sudah menyatakan bahwa ia kini menyembah Allahnya Naomi dan meninggalkan kehidupan lamanya, sehingga Tuhan memelihara hidupnya dan merancangkan kehidupan yang luar biasa dalam kehidupannya ke depan. Tuhan memang luar biasa. Tuhan -bisa memakai siapa saja ssbagai alat-Nya.

11. Melce Yonathan Lomi

Kitab Rut ini ketika di bedah ternyata sangat mempesona dan luar biasa tentang kekayaan Hikmat Allah dalam Firman-Nya dan Rencana Keselamatan yang dijaga sedemikian teguh dalam kesetiaan dan kebaikan-Nya bagi umat pilihan-Nya dan bagi kita umat tebusan-Nya, setiap pasal, ayat dari kata/frasa yang dibedah sungguh membuat saya menikmati pribadi Tuhan yang agung. Saya terberkati ketika belajar dari sosok Rut ini bahwa ia seorang yang menjadi gambaran gereja-Nya yang ditebus Allah, dan Boas adalah gambaran Kristus sendiri yang menebus umat-Nya. Sosok Rut dan karakternya menjadi idaman Kristus bagi Gereja-Nya untuk dipersunting menjadi mempelai-Nya yang tak bercacat cela (kudus).

Adapun 4 Pasal Kitab Rut ini semuanya memberkati saya secara pribadi, saya makin banyak tahu tentang Konsep Penebusan masa Israel Kuno, Proses Pengirikan Gandum, Jual Beli Tanah Kaum Keluarga Yahudi, dan Hukum Levirat serta Goyim juga Kaum Proselit.

Secara teknis, proses diskusi dari bedah kitab Rut bagus dan berjalan tertib, semua peserta aktif walau dalam 1 Grup ada beberapa orang yang harus gugur. Diskusi saling nyambung dan saling melengkapi antara sesama peserta. Admin dan Moderator sangat bagus memotivasi, mengingatkan, memancing diskusi, dan melaporkan progres diskusi yang ada. Terima kasih banyak buat Tim Admin dan Moderator serta Tim MLC SABDA yang sudah mewadahi kegiatan Bedah Kitab Rut ini. Doa saya pelayanan SABDA makin diperluas Tuhan, memberkati dan menjangkau lebih banyak kaum awam kristiani untuk belajar firman Tuhan dan bertumbuh kuat dalam pengenalan akan Kristus. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

12. Nehemia Ryan Wijaya

Bersyukur kepada-Nya kalau masih mempunyai kesempatan untuk mengikuti KBBS membedah Kitab Rut. Kitab Rut adalah salah satu kitab yang indah. Dari kitab Rut, pelajaran yang saya dapatkan adalah tentang pengharapan dan penebusan; Pengharapan dan penebusan yang Allah sediakan dan rencanakan bagi setiap orang yang mengasihi Dia. Terlihat sekali dari kejadian yang tercatat di dalam kitab ini ketika keluarga Elimelekh mengalami musibah; Tuhan setia, tidak pernah meninggalkan keluarga ini walaupun mereka sebelumnya berubah tidak setia. Tuhan tetap menyatakan kesetiaan kepada keluarga ini. Bahkan memakai anggota keluarga ini (Rut); terpilih menjadi nenek moyang Juru Selamat dunia.

Kisah yang singkat dan sederhana ini, membawa saya semakin mengerti siapa diri saya didalam pandangan dan pemikirannya Allah. Demikian besar kasih-Nya di dalam diri saya sehingga Dia bersedia menebus dan menjadi menjadikan saya sebagai umat-Nya. Saya senang bisa berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan teman-teman di dalam kelompok BKR 4. Dari sini tidak sedikit pelajaran dan masukan berharga yang saya dapatkan. Tidak lupa saya juga ucapkan terima kasih pula yang sebesar-besarnya kepada tim SABDA yang sudah mengadakan kegiatan ini. Kiranya Tuhan terus memakai Tim SABDA semakin menjadi berkat bagi orang banyak.

13. Norlina E.A. Hauteas

1. Kesimpulan:
Kitab Rut memaparkan suatu kisah yang sangat indah, di mana ada kelaparan/kesulitan, dukacita dan air mata serta sukacita dan berkat. Ketika berhadapan dengan kesulitan hidup, Tuhan mengijinkan keluarga Elimelekh untuk membuat pilihan. Salah atau benar pilihan keluarga Elimelekh sebenarnya ada dalam rencana Allah. Seiring berjalannya waktu, pilihan menggiring mereka kepada dukacita dan air mata. Tetapi di akhir kisah Rut ini, tangan Tuhan yang kuat menolong Naomi dan Rut dengan cara menghadirkan Boas dan Obed ke dalam kehidupan Rut dan Naomi, itulah sukacita dan berkat yang berlimpah limpah.

2. Pelajaran yang paling berkesan:
Banyak perkara Tuhan izinkan kita alami tetapi bukan berarti Tuhan meninggalkan kita, Naomi tinggal di negeri Moab dalam takut akan Tuhan sehingga RUT dimenangkan menjadi bagian dari orang yang beriman kepada Allah Israel.

3. Berkat yang didapat dari berdiskusi di kelas adalah:
Pada bagian kata atau frasa, penjelasan, dan aplikasi yang dibagikan oleh rekan-rekan di kelas, sangat memberkati dan menjadi motifasi yang baik buat saya agar saya mampu menerapkan hal-hal yang benar dimulai dari skala kecil yaitu keluarga. Tuhan Yesus memberkati seluruh manajement dan crew KBBS, terutama Pak Bima dan Ibu Pingkan yang dangan setia telah membimbing kami di BKR 4.

14. Rudhy Handoko

1. Kitab Rut sebuah kitab yang menarik sekalipun hanya berisi 4 pasal saja, pendek tetapi sangat penting dalam perjalanan iman kita. Ada banyak hal penting di situ, bagaimana Allah memilih orang "kafir" tetapi dimasukkan dalam jalur keselamatan (menjadi nenek moyang dari Yesus), yang menjadi Juru Selamat kita. Bagaimana ketika di tengah bangsa asing tetapi tetap tidak meninggalkan imannya kepada Allah (Naomi) sehingga menjadi teladan bagi Rut yang masuk dan terhisap dalam bangsa pilihan Allah. Bagaimana pemeliharaan Allah terhadap sebuah keluarga, itu semua ada dalam kitab Rut ini.

2. Yang menarik adalah ketika membahas kata "kebetulan" seakan semua yang ada di dunia ini sudah di setting sedemikian rupa oleh Allah dan memang demikian adanya.

3. Senang berdiskusi dengan teman-teman semuanya dan masih banyak yang masih bisa kita diskusikan namun keterbatasan waktu saja yang akhirnya ya harus tertunda untuk pembahasan yang lain, semoga di lain waktu kota masih bisa berdiskusi lagi.

15. Samuel Haratua Siswono

1. Kesimpulan dari pembahasan:
Dari hari pertama sampai hari terakhir, kesimpulan yang saya peroleh adalah: Tuhan memilih orang yang dipakai-Nya dengan sangat leluasa, dan tidak terpikir oleh manusia. Naomi, janda dari seorang yang sudah habis harta dan nyawanya. Bahkan anak-anak lelakinya juga meninggal. Hanya ditemani oleh menantunya yang merupakan keturunan dari bangsa kafir. Pada akhirnya kisah ini banyak menceritakan tentang rencana penyelamatan Allah. Dimulai dari pemeliharaan yang terus menerus (Rut 2), Rencana penebusan (Rut 3), dan sukacita penebusan dan pengadopsian (Rut 4). Semuanya mengarah kepada suatu silsilah raja, yang nantinya akan mengarah kepada Sang Juru Selamat.

2. Yang paling berkesan:
Bahwa Allah memakai orang-orang yang tidak terduga untuk menggenapkan rencana-Nya. Bahwa hukum Allah selalu konsisten, serta rencana dan tujuan Allah adalah selalu sempurna.

3. Berkat dari diskusi bersama:
Di kelas BKR 4, saya mendapatkan berkat dari berbagai macam penelaahan yang dilakukan teman-teman sekelas. Seringkali ada perbedaan pendapat. Tetapi, syukur kepada Allah, perbedaan itu membuat kelas BKR-4 semakin semangat berdikusi dan menemukan prinsip-prinsip Ilahi yang menegur dan menguatkan satu sama lain. Kalau boleh sebut nama, seperti Pak Mariano, Bu Melce, Bu Bunga Maria, Pak Dwi Prasetyo yang sangat aktif dan banyak membantu diskusi dengan hal-hal yang menarik dan mencerahkan. Semoga bisa berlanjut di kelas MLC, maupun di acara lainnya jika pandemi sudah usai. Terima kasih buat tim SABDA, admin di BKR 4, Mbak Pingkan dan moderator kami Mas Mattheau serta para sesepuh SABDA yang memperhatikan kelas BKR-4. Tetap semangat! Semua kemuliaan bagi TUHAN!

16. Simon Salasa

Segala puji syukur kepada Tuhan Yesus atas perkenanannya saya boleh ikut Bedah Kitab Rut. Pelajaran yang saya terima adalah:
1. Bahwa persoalan dan kebutuhan hidup manusia Tuhan dapat selesaikan melalui suatu rencana yang sangat indah (keluarga Elimelek-Naomi).
2. Bahwa melalui kesetiaan, Allah memberkati orang percaya kepada-Nya (Rut).
3. Campur tangan Tuhan terwujud dalam hidup manusia melalui rencana yang indah menebus umat-Nya (Boas).

Banyak berkat-berkat rohani yang saya dapat, termasuk dari rekan-rekan kelompok yang sangat menguatkan iman dan panggilan saya dalam pelayanan. Saya ucapapkan terima kasih kepada tim SABDA sebagai penyelenggara, kepada moderator, admin dan semua rekan-rekan kelompok yang hebat-hebat. Dan akhirnya saya ucapkan segala hormat kemulian hanya bagi Tuhan atas kasih karunia-Nya kita boleh ada dalam satu persekutuan yang indah, bersahaja walaupun di rumah masing-masing tapi rasanya tatap muka. Terpujilah Tuhan, Haleluya dan salam hormat, Tuhan memberkati kita semua.

17. Tok Armanto

1. Kesimpulan yang saya dapatkan setelah membaca kitab Rut adalah bagaimana cara Allah menggenapi rancangan penebusan-Nya bagi umat manusia yang begitu indah dan penuh misteri. Kitab Rut ini membuktikan bahwa ALLAH dapat memakai siapa pun dengan latar belakang seperti apa pun untuk menggenapi apa yang sudah dirancangkan-Nya. Yaitu dalam hal meneruskan garis keturunan Yesus Kristus sang penebus dosa. Gambaran tentang penebusan umat manusia pun juga terlihat dalam kitab Rut ini. Di mana Boas bertindak sebagai penebus dan Rut sebagai yang ditebus. Kitab ini juga menampilkan tradisi-tradisi yang mengatur tata cara kehidupan masyarakat pada waktu itu, diantaranya perkawinan levirat dan tata cara penebusan tanah.

2. Pelajaran yang paling berkesan adalah tentang pribadi Boas. Di mana Boas yang adalah gambaran dari Yesus Kristus sebagai penebus, memiliki karakter yang sangat mencerminkan pribadi Kristus diantaranya seorang peramah, penuh belas kasihan, dan bertanggung jawab.

3. Berkat yang didapat selama diskusi:
Penggalian kata/frasa yang dibagikan masing-masing peserta sangat banyak dan baik sekali. Menambah wawasan saya dalam mempelajari kitab Rut. Terima kasih untuk tim SABDA yang memfasilitasi kelas ini, Tuhan Yesus memberkati pelayanan Bapak/Ibu/Saudara sekalian.

18. Yosua Setyo Yudo

1. Kesimpulan inti singkat Kitab Rut.
Meski cukup singkat, Kitab Rut memuat kisah yang dalam tentang bagaimana TUHAN mengerjakan rancangan keselamatan-Nya. Sekilas pandang, kisah Rut tampak seperti kisah sederhana tentang perjalanan seorang "kafir" yang meninggalkan kehidupannya untuk masuk menjadi bagian sebuah bangsa yang asing baginya. Namun, saat digali dan didalami, seluruh perjalanan hidup Rut, Naomi, dan Boas yang dicatat dalam kitab ini mencerminkan keadaan manusia yang menyedihkan dan cinta kasih Tuhan yang mengubahkan nasibnya. Lebih jauh lagi, kisah Rut dan Boas bukan sekadar kisah kasih mereka berdua, melainkan merupakan bayang-bayang/gambaran dari rencana keselamatan yang dari TUHAN bagi umat manusia.

2. Pelajaran yang paling berkesan.
Dari seluruh hal yang dipelajari selama kelas ini, saya sangat terkesan dengan kebenaran bahwa selain dipakai menjadi leluhur Kristus Yesus, kisah hidup Boas pun TUHAN pakai menjadi model dari penebusan Kristus terhadap manusia. Saya belum pernah menyadari/memikirkan sejauh itu.

3. Berkat dari berdiskusi bersama di kelas
Jujur saya lebih banyak mengamati daripada berinteraksi langsung dengan peserta lainnya, tapi saya mendapat berkat terutama dari begitu banyak hasil penggalian dari sudut pandang yang beragam. Mulai dari penggalian yang runtut/sistematis, sampai studi kata Ibrani, ada banyak penggalian rekan-rekan di sini yang membuat saya membaca ulang pasal per pasal kitab Rut untuk mengonfirmasinya.

19. Zet Sirra

Puji syukur saya naikkan kepada Tuhan Yesus Kristus atas segala kebaikannya, khusus dalam mengikuti kelas Bedah Kitab Rut. Banyak pelajaran yang diperoleh baik melalui penggalian pribadi maupun penggalian dari teman-teman kelas yang mana dapat menjadi berkat dan saling menjadi berkat. Penggalian Kitab Rut sangat memberkati, baik dari pribadi Rut maupun secara keseluruhan dari Kitab Rut itu sendiri. Ketaatan dan kesetian dari Rut terhadap mertuanya Naomi memberikan pelajaran kepada kita bagaimana seaungguhnya sikap seorang anak kepada orang tuanya. Pengabdian dan tanggung jawab juga dinyatakan dalam kehidupan Rut saat dia menyatakan kerinduaannya untuk masuk dalam keluarga Naomi dan terpenting mau menerima Allah yang disembah Naomi.

Dari keseluruhan kitab Rut dapat dilihat akan karya Keselamatan Allah melalui Yesus Kristus yang datang kedalam dunia guna menebus dosa manusia dan mengembalikan manusia ciptaan-Nya kembali kepada Allah.

Terima kasih kepada Tim SABDA bersama Admin yg sudah mengadakan kegiatan ini, semoga ke depan akan ada banyak kelas yg dapat diadakan baik untuk melengkapi para Hamba Tuhan dan Pelayan Tuhan dalam melaksanakan Panggilan Tuhan. Tuhan Yesus memberkati SABDA. Terima kasih juga untuk Pingkan yang selalu setia mengigatkan anggota kelas kiranya Tuhan Yesus memberkati.