Artikel Terbaru

 Informasi COVID-19 untuk orang Kristen ada di:corona.sabda.org

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Doktrin Allah (Bagian 1): Pendahuluan

Allah yang Tak Terbatas dan Personal

Hari ini, kita akan memulai lokus baru, yaitu doktrin Allah. Ini adalah pusat perhatian teologi; memang benar, doktrin Allah terkadang disebut juga "teologi proper" (teologi dalam maknanya yang paling ketat - Red.) -- yaitu studi tentang Allah.

Charles Spurgeon, dalam khotbah paginya pada 7 Januari 1855, memulai dengan perkataan berikut:

Apa Itu Teologi Proper dan Paterologi?

Teologi proper adalah studi tentang Allah dan sifat-sifat-Nya. Teologi proper berfokus pada Allah Bapa. Paterologi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani yang berarti 'bapa' dan 'perkataan' -- yang digabung sehingga berarti 'studi tentang Sang Bapa'. Teologi proper menjawab beberapa pertanyaan penting tentang Allah:

Apa Itu YHWH?

Bahasa Ibrani kuno yang digunakan untuk menuliskan Perjanjian Lama tidak memiliki huruf vokal dalam alfabetnya. Dalam bentuk tertulis, bahasa Ibrani kuno merupakan bahasa yang hanya terdiri dari huruf konsonan. Dalam bahasa Ibrani aslinya, nama Allah diterjemahkan menjadi YHWH (terkadang juga ditulis dengan gaya lama menjadi YHVH). Nama ini dikenal sebagai tetragrammaton (yang berarti 'empat huruf'). Karena tidak adanya huruf vokal, para sarjana Alkitab memperdebatkan tentang bagaimana tetragrammaton YHWH seharusnya dilafalkan.

Apakah Allah Itu?

Seorang penulis bernama A. W. Tozer menulis, "'Seperti apakah Allah itu?' Jika pertanyaan itu dimaksud 'Seperti apakah jati diri Allah?' maka kita tidak bisa menjawabnya. Jika kita bermaksud 'Apa saja yang telah diungkapkan Allah tentang diri-Nya yang dapat dipahami akal yang hormat?' maka, saya percaya, ada jawaban yang dapat menjawabnya dengan tepat."

Dari Manakah Asal Doktrin Tritunggal?

Doktrin Tritunggal adalah misteri agama Kristen yang paling unik, khas, luar biasa, dan tidak mudah dipahami. Ialah pewahyuan tentang Sang Pencipta kita – bukan hanya salah satu allah, melainkan Sosok yang tidak terbatas yang berada dalam kekekalan sebagai tiga Pribadi yang setara, yang tidak terbatas, terdiri dari zat yang sama, tidak berbeda. Asal doktrin Tritunggal dapat ditemui dalam Alkitab, meskipun istilah Tritunggal tidak digunakan dalam Alkitab.

Apa Saja Kesalahpahaman Umum Tentang Doktrin Tritunggal?

Salah satu doktrin Kristen yang sukar untuk dipahami adalah konsep tentang Allah Tritunggal. Satu hakikat, tiga pribadi. Satu Allah yang menyatakan diri dalam tiga Pribadi.

Sepanjang sejarah gereja telah muncul berbagai macam ajaran sesat (bidat) yang berkaitan dengan doktrin ini. Bagi sebagian orang doktrin ini tergolong kontroversial. Banyak aspek di dalamnya yang bisa diperdebatkan.

Apa Itu Wahyu Umum dan Wahyu Khusus?

Wahyu umum dan wahyu khusus itu merupakan dua cara Allah mengungkapkan diri-Nya kepada manusia. Wahyu umum merujuk pada kebenaran-kebenaran umum tentang Allah, yang diketahui melalui penciptaan alam semesta. Wahyu khusus merujuk pada kebenaran yang lebih spesifik tentang Allah, yang diketahui melalui cara supranatural.

Pages