Petunjuk PESTA Online

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Loading

Petunjuk Kelas PESTA Online

Petunjuk Kelas PESTA Online (via Facebook Grup)

Petunjuk-petunjuk berikut ini penting untuk disimak dan dilakukan oleh peserta yang ingin mengikuti Kelas Virtual PESTA.

A. Petunjuk Mengikuti Kelas Virtual

Saya ingin ikut Kursus Virtual PESTA, apa yang harus saya lakukan?

  1. Pertama-tama, Anda harus mengisi Formulir Pendaftaran.
  2. Jika Anda baru pertama kali mengikuti Kursus PESTA, maka Anda wajib mengikuti kursus Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK) sampai lulus, sebelum bisa mengambil kursus lainnya.
  3. Setelah mendaftarkan diri, Anda harus melihat informasi di Info Kelas untuk mengetahui kelas periode manakah yang bisa Anda ambil.
  4. Kemudian Anda bisa mengunduh materi yang sesuai dalam situs ini. Atau bisa juga menunggu bahan pelajaran dikirimkan ke e-mail Anda setelah Formulir Pendaftaran kami terima.
  5. Anda wajib mempelajari bahan kursus dan menjawab pertanyaan yang dilampirkan.
  6. Jawaban wajib dikumpulkan sebelum batas waktu yang ditentukan dalam Jadwal Kursus.
  7. Setelah mengumpulkan seluruh tugas secara lengkap dan tepat waktu, Anda wajib menambahkan Kusuma KS sebagai teman, supaya admin PESTA dapat mendaftarkan dan menambahkan akun Anda dalam Facebook Grup Kelas Diskusi PESTA.
  8. Selama jadwal diskusi berlangsung, Anda WAJIB secara aktif ikut berdiskusi bersama dengan peserta-peserta lainnya. Diskusi akan dipandu oleh seorang moderator. Diskusi ini akan berjalan selama satu bulan.
  9. Setelah jadwal diskusi selesai, Anda wajib mengisi Formulir Evaluasi selama mengikuti kursus. Formulir Evaluasi akan diposting oleh Admin PESTA di Facebook Grup Kelas Diskusi yang sedang berjalan.
  10. Jika Anda telah mengikuti seluruh kegiatan di atas dengan baik, maka Anda dinyatakan BERHASIL/LULUS dan berhak menerima e-Sertifikat (Sertifikat elektronik berbentuk File PDF - Sertifikat ini adalah sertifikat non gelar).

Bagi peserta yang lulus, berhak mendapat e-sertifikat non-gelar dari Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) sebagai penyelenggara PESTA. Seluruh sertifikat akan kami kirimkan via email (attachment) ke alamat email masing-masing peserta.

Kriteria peserta yang berhak mendapatkan e-sertifikat:

  1. Telah lulus kelas tertulis dengan nilai rata-rata di atas: 60
  2. Telah lulus kelas diskusi dengan predikat cukup aktif.
  3. Telah mengumpulkan Formulir Evaluasi yang telah diisi.

B. Petunjuk Mengerjakan Kursus PESTA Online (Web)

Bagaimana mengerjakan tugas yang terdapat di bahan pelajaran Kursus PESTA ?

  1. Bahan Kursus PESTA pada umumnya akan terdiri dari:
    1. Bahan Pelajaran
    2. Pertanyaan (A) dan (B)
    3. Bahan Referensi yang menunjang topik pelajaran.
  2. Kami anjurkan peserta membaca seluruh bahan pelajaran terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada.
  3. Ada 2 macam pertanyaan yang harus dijawab:
    1. Pertanyaan Tertulis (A). Terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang diambil langsung dari bahan/materi pelajaran yang diberikan.
    2. Pertanyaan Diskusi (B). Terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan waktu lebih banyak untuk menjawab karena berupa pertanyaan untuk menggali pengertian lebih dalam (silakan baca bahan referensi).
  4. Setiap peserta diharapkan dapat mengerjakan semua pelajaran secara berurutan sampai selesai. Akan sangat baik kalau setiap peserta memiliki target waktu kapan akan menyelesaikan seluruh pelajaran. Kedisiplinan peserta sangat diuji untuk dapat menyelesaikan tugas dengan baik.
  5. Lembar jawaban yang telah diisi harap dikirimkan dalam bentuk plain text (e-mail biasa) dan bukan dalam bentuk attachment ke: Jawaban dapat dikirimkan langsung seluruhnya maupun secara bertahan per pelajaran.

Apabila peserta mendapatkan masalah tentang isi pelajaran, silakan menulis surat kepada pembimbing Ibu Yulia di alamat: (yulia@in-christ.net)

C. Petunjuk Diskusi (Facebook Grup)

  1. Setiap peserta WAJIB berpartisipasi dalam diskusi dengan memberi tanggapan, komentar, penjelasan atau penegasan akan topik-topik yang sedang didiskusikan. Peserta tidak aktif akan mendapat sangsi tidak lulus.
  2. Diskusi akan dimulai dengan moderator yang mengirimkan topik diskusi pada setiap terminnya.

    ⇒ contoh: DIK I/TOPIK 1 -- Penciptaan (DIK I: Menandakan Termin I, Topik 1: Menandakan topik diskusi 1)

    Selanjutnya peserta akan memberikan jawaban dengan memberikan balasan di kotak komentar. Peserta yang ingin menanggapi jawaban peserta yang lainnya bisa langsung membalas (reply) di kotak komentar peserta yang bersangkutan.
  3. Pakailah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebagai partisipasi kita dalam mewujudkan penghargaan atas bahasa persatuan kita, Bahasa Indonesia. Sementara untuk peserta yang berasal dari Singapura dan Malaysia, diharapkan juga dapat menggunakan Bahasa Melayu yang dapat dimengerti oleh peserta dari Indonesia.
  4. Tiap peserta dapat belajar dari peserta yang lain, karena itu mohon untuk tidak memakai nada yang saling menggurui atau menghakimi.
  5. Mohon tidak menunjukkan sikap merendahkan, menghina atau menjelekkan orang/gereja/denominasi/aliran doktrin lain yang memiliki pendapat yang berbeda dengan Anda.
  6. Sebutlah nama orang yang bersangkutan (dapat menggunakan tagging otomatis melalui Facebook), jika komentar Anda ditujukan secara khusus kepada pendapat satu peserta tertentu.
  7. Moderator adalah fasilitator, jadi mohon jangan selalu mengharapkan jawaban dari Moderator saja.
  8. Jika ada masalah yang kelihatannya sulit untuk dicari jalan tengahnya mohon untuk tidak melanjutkannya sebagai debat kusir.

D. Petunjuk Posting

  1. Tidak boleh memposting artikel/bahan yang tidak ada hubungannya dengan topik diskusi pelajaran yang sedang berlangsung.
  2. Usahakan hanya menanggapi sesuai dengan topik. Jika isi tanggapan memang disengaja "out of topic" mohon di subjek surat ditulis OOT supaya mudah diketahui oleh peserta lain.
  3. Isi tidak boleh ditulis dalam huruf besar, kecuali bagian kata-kata tertentu saja yang dipakai sebagai penekanan.
  4. Mohon setiap posting memiliki manfaat yang jelas, dan jangan memposting jawaban/komentar yang isinya hanya satu atau dua kata saja. Harus ada penjelasannya.
  5. Posting Anda akan ditolak oleh Lyris jika di dalamnya memuat terlalu banyak kutipan dari surat sebelumnya. Jadi mohon kutipan dipotong dan diambil yang penting saja, yang lain dibuang.
  6. Posting diskusi dikirimkan sesuai postingan yang sudah ditentukan.

Komentar