DITEMUI ORANG YANG SUDAH MATI

Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PESTA

Loading

Dalam kehidupan sehari-hari baik orang Kristen maupun non Kristen ada yang memiliki pengalaman ditemui oleh orang yang sudah mati, baik di dalam mimpi maupun berupa penampakan langsung. Orang dunia mengatakan bahwa itu adalah benar roh orang yang sudah mati yang ingin menyampaikan pesan atau peringatan kepada keluarga atau temannya yang masih hidup.

Akan tetapi menurut iman Kristen, orang mati tidak bisa berhubungan dengan orang yang hidup di dunia. Pada saat orang mati, Rohnya langsung dibawa ke dua tempat -- jika mereka hidup kudus dan tunduk kepada Firman Tuhan maka akan dibawa para malaikat ke surga, dan jika hidup dalam dosa akan dibawa setan disiksa di dalam kerajaan maut.

Tuhan Yesus dalam kisah pengemis Lazarus dan orang kaya, memperlihatkan ke mana roh manusia setelah mati. Lazarus ketika mati dijemput malaikat dibawa masuk ke surga bertemu dengan bapa Abraham, sedangkan orang kaya dibawa setan disiksa di dalam kerajaan maut.

-- Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham. Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. (Lukas 16:22,23)

Kemudian bagaimana dengan pengalaman bertemu dengan orang yang sudah mati?

BUNGA TIDUR DARI INGATAN MASA LALU

Dalam tidur, kadang kita bermimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal baik kita sadari ketika masih dalam mimpi atau ketika sudah bangun. Itu adalah bunga tidur karena ingatan masa lalu. Ada pengalaman kita bermimpi bertemu dengan orang tua yang sudah meninggal ketika kita masih kecil, dan kita merasa senang. Ada kejadian kita bermimpi bertemu dengan saudara, teman atau tetangga yang sudah meninggal. Itu semua adalah bagian ingatan masa lalu yang kadang muncul di dalam mimpi seperti halnya kita bermimpi masih berkumpul dengan semua keluarga di rumah masa kecil.

Tetapi sebaliknya ada mimpi yang memperlihatkan orang-orang yang kita kasihi meninggal, dan kita merasa sedih. Itu tidak perlu dimasukkan ke dalam hati dan menjadi pikiran yang berat karena umur manusia dan kematian, Tuhan sendiri yang menentukan. Jika bangun dan merasa sedih, kita bisa segera mendoakan orang-orang yang kita kasihi supaya dilindungi, dijagai dan diberkati oleh Tuhan Yesus.

INTIMIDASI IBLIS

Tetapi ada juga mimpi bertemu dengan orang yang sudah mati, tetapi mimpi itu mendatangkan kegelisahan dan ketakutan. Ada orang-orang yang kita doakan mengatakan, jika malam hari dia bertemu dengan teman atau keluarganya yang sudah mati, itu biasanya dia akan sakit atau mengalami musibah.

Ada juga yang mengatakan bahwa di dalam mimpi, orang tua atau keluarga menyampaikan pesan-pesan supaya dilakukan, misalnya harus membersihkan makam dan tabur bunga, atau minta supaya mereka didoakan karena sekarang hidupnya menderita di alam baka.

Mimpi seperti itu adalah bentuk intimidasi iblis. Kita bisa segera berdoa untuk mengusirnya dengan berkata, “Roh setan aku ikat dan hancurkan di dalam nama Tuhan Yesus!”.

Selain di dalam mimpi, ada juga pengalaman penampakan orang yang sudah mati. Biasanya ini terjadi malam hari dan sosok itu berdiam diri secara misterius. Itu bukanlah roh orang yang sudah mati, tapi setan yang menyamar menjadi orang yang sudah mati. Tujuan utama iblis adalah untuk menyesatkan pikiran manusia sehingga percaya bahwa roh orang yang sudah mati masih bergentayangan di muka bumi. Berikutnya iblis membuat manusia supaya melakukan ritual-ritual, baik doa-doa untuk arwah orang yang sudah mati atau memberikan sesaji untuk menyenangkan roh-roh orang mati.

Agama-agama dunia sarat dengan praktek-praktek semacam ini, yaitu mempercayai tipu muslihat iblis bahwa orang yang sudah mati rohnya masih bergentayangan di dunia dan bisa berhubungan dengan orang yang masih hidup. Agama-agama dunia mengajarkan doa-doa dan ritual untuk mendoakan orang mati, “memberi makan” roh orang mati, bahkan memberikan “uang” dan berbagai perbekalan supaya roh orang mati tidak menderita di alam baka.

Anak Tuhan sebaiknya memahami semua tipuan iblis yang diberikan melalui penampakan orang mati ini, begitu juga semua ritual agama-agama dunia dan berbagai praktek animisme dan dinamisme yang berlaku di masyarakat.

DIAJAK IKUT

Ketika melayani orang-orang Kristen yang sakit keras dan akan meninggal, kita menjumpai banyak dari mereka yang menyampaikan telah ditemui oleh orang-orang yang sudah mati, baik dalam mimpi maupun penampakan langsung. Roh-roh itu bahkan berkata mengajak orang yang sakit untuk segera ikut bersama mereka. Ketika disampaikan kepada keluarganya, umumnya mereka hanya berkata itu hanyalah halusinasi, menertawakan dan meminta tidak usah ditanggapi. Tetapi kenyataannya orang-orang yang dalam penderitaan sakit penyakit yang menjelang kematiannya itu merasa melihat dengan jelas roh-roh orang yang sudah mati mendatangi mereka. Bahkan mereka lebih sering datang dibandingkan dengan semua keluarganya yang sibuk bekerja ...

Itu adalah roh iblis yang menyamar dan melakukan intimidasi dengan keras karena melihat bahwa tubuh fisik dan roh orang Kristen itu dalam keadaan yang sangat lemah. Di akhir hidupnya, setan berusaha merampas Roh orang Kristen itu dengan jalan membelokkan imannya kepada Tuhan Yesus dan menyerah percaya kepada roh-roh yang mendatanginya.

Kita perlu memberikan pemahaman yang jelas, bahwa yang mendatangi mereka bukanlah orang tua, keluarga atau teman-temannya yang sudah mati, tetapi itu hanyalah setan yang menyamar. Jadi sama sekali tidak perlu mendengarkan apa yang dikatakan atau merasa gentar, dan jangan pernah mau menerima ajakan untuk mengikuti mereka -- kecuali yang datang menjemput adalah malaikat Tuhan dari surga atau Tuhan Yesus sendiri.

Jika kita tiba-tiba melihat penampakan orang yang sudah mati dan sosok yang tidak jelas, kita tidak perlu takut karena memiliki kuasa dari surga karena di dalam anak Tuhan ada Roh Kudus yang adalah Roh Allah. Kita bisa mengusir penampakan roh yang menipu itu dengan berkata, “Roh setan aku ikat dan hancurkan di dalam nama Tuhan Yesus!”.

-- Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. (1 Yohanes 4:4)

Dengan memahami siapa yang kita hadapi, kita tidak perlu takut karena Roh Kudus yang ada di dalam diri kita lebih hebat dan berkuasa dari semua roh setan yang muncul menyamar sebagai orang yang sudah mati.

Tetap semangat di dalam Firman Tuhan dan Langkah Iman.

GBU
(Indriatmo)

* * * * *

Komentar